Awas !! Ini Dia Gejala Tanaman Cabai Yang Terserang Virus Dan Cara Penanganannya
Cabai Photo by Siti Nurhafizah

Awas !! Ini Dia Gejala Tanaman Cabai Yang Terserang Virus Dan Cara Penanganannya

Virus merupakan salah satu jenis hama yang menyerang tanaman secara sistemik, tepatnya pada jaringan bagian dalam. Penyakit virus akan ditularkan melalui serangga vector seperti kutu daun, kutu putih, hingga indikasi trips. Petani perlu mengetahui jenis-jenis virus yang menyerang setiap tanaman budidaya. Salah satunya adalah Virus Tobamovirus yang menyerang tanaman cabai. Virus ini merupakan salah satu patogen penting yang menyebabkan penurunan kuantitas dan kualitas pada tanaman cabai.

Bagaimana cara mengetahui bahwa tanaman cabai sedang terserang virus?

Nah, tanaman cabai yang terserang virus akan menjadi kerdil dan tampak corak mosaic pada daun. Corak mosaic ini akan terlihat ketika daun mulai berwarna kekuning-kuningan dan terdapat cairan atau lender. Menurut Adolf Meyer, penyakit mosaic ini dapat menular pada tanaman normal lainnya. Tentu, jika ini dibiarkan akan berpotensi membahayakan terhadap tanaman lainnya.

Jika gejala tersebut sudah ditemukan pada tanaman cabai, maka petani harus segera melakukan penanganan sebelum berakibat fatal pada tanaman. Cara mekanis yang bisa dilakukan adalah dengan mencabut dan memusnahkan tanaman yang terinfeksi. Untuk langkah pencegahannya, petani bisa mengaplikasikan teknik budidaya yang mampu mencegah persebaran serangga inang atau memberlakukan bera pada lahan yang sebelumnya terserang virus.

Oleh karena itu, sangat penting bagi petani untuk mengetahui strategi penanganan dan pencegahan hama yang tepat dalam proses budidaya tanaman cabai. Selain itu, diperlukan sebuah alat atau system yang membantu petani dalam memantau kondisi dan perkembangan pertanian secara real time terutama dari serangan hama, tanpa harus mengelilingi lahan dan mengecek tanaman satu per satu. Alat dan sistem otomatis bisa didapatkan di KerabaTani Indonesia yang merupakan start up pertanian berbasis teknologi yang kini sedang mengembangkan teknologi pertanian guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi aktivitas pertanian. Beberapa produk teknologi pertanian KerabaTani adalah Zenbox, drone, dan beberapa alat lainnya yang bisa melakukan pemantauan secara otomatis berbasis android. Informasi lengkap mengenai produk tersebut bisa diakses di http://kerabatani.com/produk/. Website ini akan membantu petani Indonesia dalam mengatasi permasalahan di lapangan dan mengenal lebih jauh tentang KerabaTani Indonesia. Adanya produk pertanian berbasis teknologi ini, diharapkan mampu mendukung digitalisasi pertanian di Indonesia sehingga mampu menciptakan petani yang cerdas dan pertanian yang berkelanjutan

Leave a Reply