<strong>Gejala Serangan Virus Pada Tanaman Kangkung dan Rekomendasi Pencegahannya</strong>

Gejala Serangan Virus Pada Tanaman Kangkung dan Rekomendasi Pencegahannya

 

Sumber : pikiranrakyat.com

Kangkung merupkan jenis sayuran yang banyak disukai oleh masyarakat. Selain mudah di dapatkan, harganya murah, kangkung juga memiliki banyak kandungan gizi yang baik bagi kesehatan. Namun, tentu kangkung yang baik untuk dikonsumsi berasal dari tanaman kangkung yang berkualitas dan bebas dari hama dan penyakit. Inilah yang menjadi tugas dari petani sebagai produsen tanaman, agar senantiasa menghasilkan produk pertanian yang berkualitas. Salah satunya dengan selalu menjaga dan merawat tanaman kangkung dari serangan hama dan penyakit.

Salah satu hama yang kerap menyerang tanaman kangkung adalah Virus 24emper. Virus ini menyebabkan timbulnya belang-belang pada daun tanaman, tulang daun memucat warnanya, dan terkadang bentuk daun mengalami abnormal. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi virus ini yaitu dengan mencabut tanaman yang terserang virus. Selain itu, petani juga perlu melakukan pergiliran (rotasi) tanaman dan peremajaan tanaman untuk mencegah serangan virus berkelanjutan pada tanaman kangkung.

Oleh karena itu, sangat penting bagi petani untuk mengetahui strategi penanganan dan pencegahan hama yang tepat dalam proses budidaya tanaman kangkung. Selain itu, diperlukan sebuah alat atau system yang membantu petani dalam memantau kondisi dan perkembangan pertanian secara real time terutama dari serangan hama, tanpa harus mengelilingi lahan dan mengecek tanaman satu per satu. Alat dan sistem otomatis bisa didapatkan di KerabaTani Indonesia yang merupakan start up pertanian berbasis teknologi yang kini sedang mengembangkan teknologi pertanian guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi aktivitas pertanian. Beberapa produk teknologi pertanian KerabaTani adalah Zenbox, drone, dan beberapa alat lainnya yang bisa melakukan pemantauan secara otomatis berbasis android. Informasi lengkap mengenai produk tersebut bisa diakses di http://kerabatani.com/produk/. Website ini akan membantu petani Indonesia dalam mengatasi permasalahan di lapangan dan mengenal lebih jauh tentang KerabaTani Indonesia. Adanya produk pertanian berbasis teknologi ini, diharapkan mampu mendukung digitalisasi pertanian di Indonesia sehingga mampu menciptakan petani yang cerdas dan pertanian yang berkelanjutan

Leave a Reply