Hal – Hal Yang Perlu Diketahui Jika Tanaman Semangka Sudah Siap Panen
Semangka Photo by artfile.au

Hal – Hal Yang Perlu Diketahui Jika Tanaman Semangka Sudah Siap Panen

Teknik Pemanenan

Umur panen semangka bervariasi antara 65 – 85 HST tergantung beberapa faktor yaitu faktor genetis, faktor klimat (ketinggian tempat dan musim) serta perpaduan dari beberapa tindakan budidaya

Ciri buah siap panen :

  • Warna dan tekstur kulit buah terlihat bersih, jelas dan mengkilat.
  • Sulur pada pangkal buah kecil dan telah berubah warna menjadi coklat tua dan mengering.
  • Suara buah bila diketuk dengan jari akan bersuara agak berat.
  • Tangkai buah mengecil hingga terlihat tidak sesuai dengan ukuran buah itu sendiri.
  • Bagian buah yang terletak di atas landasan telah berubah warna dari putih menjadi kuning tua.

Saat panen yang tepat adalah pada pagi hari karena proses penimbunan zat makanan terjadi pada malam hari. Pemanenan dilakukan secara bertahap dengan mengutamakan tanaman yang benar-benar siap panen. Buah yang dipetik sekaligus dapat langsung dipotong dengan gunting pada tangkai buah sejarak 7 cm dari buah. Buahyang direncanakan di petik bertahap, dipilih yang benar-benar tua.

Pasca panen

  1. Sortasi dan Grading

Buah yang telah di panen dipilih antara buah yang utuh dengan buah yang cacat. Buah yang tidak lolos sortasi namun masih memungkinkan, dipasarkan di pasar setempat. Sedangkan buah yang berkualitas mengalami tahap pengkelasan (grading) sebelum dipasarkan. Umumnya ada 3 kelas :

kelas A : bobot buah >4 kg

kelas B : bobot buah 2-4 kg

kelas C : bobot buah 1,2 kg

(Berat buah yang dikehendaki di pasaran umumnya 4 – 7 kg. Perbedaan kelas tentu saja akan menyebabkan perbedaan harga).

  • Pengangkutan

Buah yang telah ditimbang kemudian siap diangkut dengan truk ke pasar. Bak penampung yang digunakan pada truk harus bersih dari kotoran, terutama pasir dan kerikil yang akan menyebabkan buah rusak secara fisik. Landasan buah harus dilapisi dengan lapisan jerami kering setebal 10 – 15 cm. Buah disusun secara teratur dengan maksimum 7 baris, dimana antara baris satu dengan baris buah di atasnya diberi lapisan jerami kering untuk mengurangi gesekan selama pengangkutan.

  • Penyimpanan dan pengepakan

Buah semangka yang belum sempat terangkut dapat disimpan dalam gudang penyimpanan. Gudang penyimpanan harus bersih, kering dan bebas hama (kecoa dan tikus) serta memiliki sirkulasi udara yang lancar. Penyimpanan pada suhu kamar mampu mempertahankan kesegaran buah sampai 2 minggu setelah petik, namun penyimpanan buah dalam gudang tidak boleh melebihi satu minggu karena mengurangi tingkat kerenyahan, aroma dan rasa buah.

Temukan informasi dan tips and trick seputar pertanian di blog KerabaTani, maupun di sosial media KerabaTani. KerabaTani sebagai smart farming solution untuk para petani di seluruh Indonesia.

Leave a Reply