Menyiapkan Tanah untuk Menanam Stroberi Ternyata Tidak Rumit, kok!
Strawberry Photo by Dyadya Lyosha

Menyiapkan Tanah untuk Menanam Stroberi Ternyata Tidak Rumit, kok!

Buah cantik yang satu ini memang menjadi primadona kalangan muda karena cita rasanya yang sedikit masam dan segar. Stroberi juga merupakan salah satu buah yang banyak dijadikan olahan makanan kekinian. Seolah tak pernah surut akan permintaan, pembudiyaan tanaman stroberi mulai menggunakan berbagai cara mulai dari hidroponik hingga pembudidayaan di lahan luas. Berbagai cara tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing, tergantung dari bagaimana cara petani menanganinya. Mulai dari persiapan lahan hingga pengemasan hasil panen termasuk ke dalam tanggung jawab para petani yang ingin menghasilkan produk berkualitas dengan nilai ekonomis yang tinggi.

Persiapan lahan sebelum penanaman tanaman stroberi sebenarnya tidak lah serumit yang dipikirkan, terdapat beberapa langkah yang mudah apabila petami melakukannya dengan benar. Langkah – Langkah tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Bajak lahan
  2. Solarisasi : Menutup lahan dengan plastik polietilen selama 6 minggu sebelum tanam
  3. Bajak dan gemburkan tanah kembali sembari melakukan pengapuran jika pH tanah terlalu rendah. Saat ini, petani bisa dengan mudah mengukur pH tanah menggunakan teknologi yang dikembangkan oleh KerabaTani. Teknologi Connect akan terhubung dengan mobile system dimana nantinya monitoring dapat dilihat melalui smartphone yang telah terhubung. Teknologi ini juga dilengkapi dengan enam sensor untuk melihat kelembaban udara, kelembaban tanah, suhu udara, intensitas cahaya, unsur pH tanah dan suhu tanah.
  4. Bentuk bedengan dengan ukuran :
    1. Panjang : menyesuaikan lahan
    1. Lebar : 80 cm
    1. Tinggi : 30-40 cm
    1. Parit : 60 cm
  5. Pemupukan

Lakukan pemupukan dasar dengan menebar pupuk pada setiap bedengan. Dosis Pupuk : 200 kg urea, 250 kg SP-36 dan 100 kg/ha KCl

  • Pasang Mulsa PHP diatas bedengan dan lubangi mulsa pada setiap titik lubang tanam dengan pengaturan :
    • 2 baris tanam
    • Jarak antar baris : 40 cm
    • Jarak dalam baris : 30 cm

Leave a Reply