Mulai Penyulaman Hingga Pemupukan, Ini Dia Cara Memelihara Tanaman Ubi Jalar

Mulai Penyulaman Hingga Pemupukan, Ini Dia Cara Memelihara Tanaman Ubi Jalar

Sumber : pertanianku.com

Di beberapa wilayah di Indonesia ubi jalar merupakan bahan makanan pokok seperti nasi. Hal ini karena ubi jalar sangat mudah ditemukan di seluruh wilayah di Indonesia. Indonesia yang beriklim tropis sangat cocok untuk budidaya ubi jalar karena ubi jalar termasuk tanaman budidaya yang mudah ditanam dan tahan terhadap kekeringan. Ubi jalar juga bisa diperbanyak secara generatif maupun vegetatif. Selain itu, harga ubi jalar yang cenderung murah menjadikan tumbuhan yang satu ini menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Sebagai sumber makanan pokok, biasanya ubi jalar hanya diolah dengan cara direbus. Sedangkan untuk olahan lainnya, ubi jalar bisa diolah menjadi aneka cemilan seperti kue bolu, puding, keripik, kolak, hingga dibuat es krim.

Manfaat ubi jalar apabila sering dikonsumsi ternayat dapat mengurangi berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan jenis umbi-umbian ini mengandung lebih dari 40 persen kebutuhan sehari-hari tubuh seperti vitamin A, serat, dan potasium. Ubi jalar juga mengandung gula alami yang lebih banyak dari kentang, sehingga bermanfaat bagi kecantikan dan cocok menjadi menu andalan bagi orang yang ingin berdiet.

Dari paparan singkat mengenai prospek keuntungan ubi jalar beserta segala manfaat yang ditawarkan oleh ubi jalar, tahukah kalian pemeliharaan ubi jalar yang baik dan benar sehingga menghasilkan panen ubi jalar yang berkualitas tinggi?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, KerabaTani yang merupakan platform digital smart farming telah merangkum langkah-langkah dalam pemeliharaan ubi jalar. KerabaTani menyediakan

berbagai macam informasi dari para ahli di bidang pertanian untuk membantu para petani di Indonesia dalam menambah wawasan mereka. Selain itu, KerabaTani juga menyediakan platform yang mempertemukan berbagai petani di Indonesia agar mereka bisa saling bertukar pikiran dalam wawasan seputar pertanian.

Simak paparan berikut!

Langkah – Langkah pemeliharaan ubi jalar

  1. Penyulaman

Penyulaman dilakukan untuk mengganti stek yang tidak tumbuh. Penyulaman sebaiknya dilakukan pada umur 2-3 bulan setelah tanam dan dilakukan ketika pagi atau sore hari.

Penyulaman stek yang mati dapat dilakukan pada umur 7-10 hari.

  • Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan jika tanaman sangat rimbun atau banyak sulur-sulur yang keluar dari guludan atau posisi tanaman dirapikan dengan mengembalikan tanaman kembali pada guludannya. Pemangkasan dan pembalikan tanaman bertujuan agar sinar matahari dapat mencapai permukaan tanah guludan sehingga, tanah tempat berkembangnya ubi tetap hangat.

  • Pengairan

Pemberian air dilakukan jika tanah/guludan kering. Hal ini dapat diketahui dengan cara menancapkan bambu ke dalam guludan kemudian dicabut. Jika permukaan bambu basah berarti di dalam guludan masih cukup lembab dan air masih tersedia bagi tanaman.

  • Pemberian Pupuk Lanjutan

30-45 HST: Pemberian pupuk urea 2/3 dari 100 kg/Ha . Pemberian pupuk dilakukan dengan membuat larikan atau lubang dengan tugal 7-10 cm di kiri dan kanan lubang tanam (4).

Leave a Reply