Siapkan Hal Berikut Untuk Persiapan Penanaman Tanaman Tomat!
Tomat Photo by Kie - Ker from Pixabay

Siapkan Hal Berikut Untuk Persiapan Penanaman Tanaman Tomat!

Tomat merupakan tanaman yang bisa tumbuh di segala tempat. Tanaman tomat dapat tumbuh baik di dataran tinggi (lebih dari 700 mdpl), dataran medium (200-700 mdpl), dan dataran rendah (kurang dari 200 mdpl).Untuk pertumbuhan yang baik, tomat membutuhkan tanah yang gembur, kadar keasaman pH antara lain 5-6, tanah sedikit mengandung pasir, dan banyak mengandung humus, serta pengairan yang teratur dan cukup.Pada temperatur tinggi (di atas 32 derajat celcius). Untuk mengetahui ukuran persyaratan tersebut, petani dapat menggunakan teknologi zenbox dari KerabaTani. Teknologi ini akan terhubung dengan mobile system dimana nantinya monitoring dapat dilihat melalui smartphone yang telah terhubung. Teknologi ini juga dilengkapi dengan enam sensor untuk melihat kelembaban udara, kelembaban tanah, suhu udara, intensitas cahaya, unsur pH tanah dan suhu tanah.

Sebelum menanamnya, akan lebih baik jika petani mengetahui cara pemilihan benih tomat yang baik sebagai berikut :

  • Pilih biji yang utuh, tidak cacat atau luka, karena biji yang cacat biasanya sulit tumbuh
  • Pilih biji yang sehat, artinya biji tidak menunjukkan adanya serangan hama atau penyakit
  • Benih atau biji bersih dari kotoran
  • Pilih benih atau biji yang tidak keriput

Persiapan Tanam dan Penanaman

  1. Pada umumnya biji tomat disemaikan terlebih dahulu dan biji tersebut ditaburkan pada akhir musim penghujan di pesemaian atau kotak.
  2. Kotak persemaian yang digunakan harus mudah dipindahkan ke tempat yang terlindung terhadap terik matahari maupun hujan.
  3. Biji disebar secara dangkal dan ditutup dengan sedikit tanah.
  4. Ketika biji tumbuh, kira-kira umur 1 bulan kemudian disortir bibit yang kuat dalam tempat penyapihan. Tujuannya agar tomat lebih mudah beradaptasi jika dipindahkan pada tempat penanaman yang tetap.
  5. Pada proses penanaman tomat dilakukan sesudah bibit berada pada tempat penyapihan selama 3 minggu atau mencapai tinggi sekitar 10 cm.
  6. Penanaman dilakukan segera sesudah bibit dicabut pada lubang-lubang yang sudah disiapkan dengan jarak tanaman 50×60 cm atau 50×75 cm.
  7. Pada setiap batang tanaman tomat harus diberikan atau ditancapkan tiang-tiang semacam tongkat sejauh 15-20 cm dari tanaman (lanjaran), guna menunjang berdirinya tanaman yang lunak itu.

Leave a Reply