<strong>Tips Jitu Tangani Nematoda Pada Tanaman Stroberi!</strong>

Tips Jitu Tangani Nematoda Pada Tanaman Stroberi!

Sumber : churilovocity.ru

Nematoda merupakan musuh berbahaya para petani budidaya tanaman stroberi. Hal ini karena ukurannya yang mikroskopis dengan panjang 1 mm, sehingga sulit untuk terdeteksi oleh mata secara langsung. Pasalnya, kemunculan nematode ini juga jarang diperhatikan dari awal tahap reproduksi dan kemungkinan besar baru tertangkap saat sudah menimbulkan gejala yang lumayan fatal.

Adapun jenis nematode yang menyerang tanaman stroberi adalah Aphelenchoides fragariae. Nematode ini hidup di pangkal batang hingga pucuk daun. Akibatnya, tanaman tumbuh kerdil, tangkai daun kurus dan kurang berbulu. Tentu jika ini dibiarkan, maka tanaman stroberi menjadi tidak sehat, tidak produktif dan lama-lama akan mati.

Untuk mengatasinya, petani bisa langsung mencabut tanaman yang terinfeksi. Namun, jika tidak ada perubahan, petani bisa menggunakan alternative lain, yaitu menggunakan cara kimiawi berupa Nematisida, Trimaton 370 AS, Rugby 10 G atau Nemacur 10 G, atau system bera yaitu menghindari penanaman tanaman stroberi dan sejenisnya hingga waktu tertentu untuk memutus siklus hidup hama.

Selain penanganan, petani juga perlu melakukan tindakan pencegahan sebagai upaya mencegah serangan nematode secara berkelanjutan dan meminimalisir efek yang ditimbulkan. Adapun rekomendasi yang bisa diterapkan oleh petani yaitu melalui Sterilisasi Media tanam  (Solarisasi atau Fumigasi dengan Basamid G) dan Biokontrol menggunakan Aplikasi Cendawan predator Lecanicillium sp. (Verticon, Bevarin), (40g/tanaman) sebagai campuran media tanam atau inokulasi pada bibit.

Oleh karena itu, sangat penting bagi petani untuk mengetahui strategi penanganan dan pencegahan hama yang tepat dalam proses budidaya tanaman stroberi. Selain itu, diperlukan sebuah alat atau system yang membantu petani dalam memantau kondisi dan perkembangan pertanian secara real time terutama dari serangan hama, tanpa harus mengelilingi lahan dan mengecek tanaman satu per satu. Alat dan sistem otomatis bisa didapatkan di KerabaTani Indonesia yang merupakan start up pertanian berbasis teknologi yang kini sedang mengembangkan teknologi pertanian guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi aktivitas pertanian. Beberapa produk teknologi pertanian KerabaTani adalah Zenbox, drone, dan beberapa alat lainnya yang bisa melakukan pemantauan secara otomatis berbasis android. Informasi lengkap mengenai produk tersebut bisa diakses di http://kerabatani.com/produk/. Website ini akan membantu petani Indonesia dalam mengatasi permasalahan di lapangan dan mengenal lebih jauh tentang KerabaTani Indonesia. Adanya produk pertanian berbasis teknologi ini, diharapkan mampu mendukung digitalisasi pertanian di Indonesia sehingga mampu menciptakan petani yang cerdas dan pertanian yang berkelanjutan

Leave a Reply